Bob Pinem - 0818.0507.0101 bobpinem@gmail.com

 

Pertumbuhan pasar kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) direspons positif Hyundai. Hal ini ditunjukkan produsen mobil Korea tersebut dengan memboyong SUV terbarunya, Kona di Tanah Air.

Pada pandangan pertama, mobil kompak ini memiliki tampilan dinamis dan sporty dengan konfigurasi dua baris tempat duduk. Kona diyakini akan menjadi pesaing berat Honda HR-V, di samping kehadiran dua SUV anyar asal China, Wuling Almaz dan DFSK 560

Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Hendrik Wiradjaja mengemukakan, tren SUV sedang naik daun di pasar global, termasuk Indonesia. Ini dibuktikan dengan penjualan SUV Hyundai yang terus tumbuh.

“Saat ini. pasar SUV sedang bagus. Untuk di Indonesia produk SUV Hyundai Santa Fe dan Tucson menjadi backbone kedua setelah H-1, dengan kontribusi 40 persen,” ujar Hendrik di Gedung Hyundai, Sipmpurug, Jakarta.

Atas dasar itu, Hyundai memutuskan menambah line-up produk SUV di Indonesia dengan menghadirkan Kona. Di mana posisi Kona berada di bawah Tucson dan Santa Fe.

“Segmen SUV Hyundai cukup rapat. Dari model entry level kita punya Hyundai Creta (produksi India), kemudian Kona, Tucson dan Santa Fe sebagai segmen teratas. Diharapkan dengan kehadiran Kona akan memberikan banyak pilihan bagi konsumen dan berkontribusi positif bagi Hyundai,” kata Hendrik.

Dia mengungkapkan Hyundai Kona sendiri didatangkan langsung dari Korea dalam bentuk utuh atau CBU. Untuk pasar Indonesia ada lima pilihan warna yang dihadirkan, yakni hitam, putih, merah, abu-abu dan hijau stabilo.

“Hyundai Kona punya desain unik dan fresh. Mobil ini juga telah mendapat banyak penghargaan di berbagai negara,” ujarnya.

Berapa harga mobil ini di Indonesia? Hendrik belum bersedia mengungkapkan. Dia mengatakan, untuk harga dan model mesin akan diumumkan secara resmi di IIMS 2019.

“Untuk harga dan pemesanan akan diumumkan pada peluncuran di IIMS 2019. Di mana pada pameran ini kami akan memboyong tiga unit Kona sebagai display,” katanya.